Halloween party ideas 2015

b-24
Kehidupan Rasulullah saw adalah kehidupan yang penuh teladan bagi umat, acuan dakwah sekaligus sebagai pedoman hidup. Beliau saw adalah teladan dalam ketaatan, dalam beribadah dan berakhlak mulia. Teladan dalam bermuamalah yang baik dan dalam menjaga kehormatan dan kemuliaan. Sebagaimana pujian Allah swt. atas beliau seperti yang tercantum dalam firman-Nya :
“Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang agung“ ( Q,S.Al Qolam : 4 )
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” ( Q.S.. Al Ahzab 21 )

Mayoritas kaum muslimin saat ini terjebak di antara dua sikap yang kontradiktif terhadap Rasulullah saw. Ada yang bersikap berlebih-lebihan terhadap Rasulullah saw. hingga terseret ke dalam perbuatan syirik, seperti mengkultuskan beliau, memohon kepada beliau atau beristighatsah kepada beliau. Sebaliknya ada pula yang memandang remeh kedudukan beliau selaku utusan Allah swt., yang pada akhirnya ia berani melanggar petunjuk beliau, tidak meneladani sirah ( peri-kehidupan) beliau , dan tidak pula menjadikannya sebagai pelita kehidupan dan rambu perjalanan.

Ahlus Sunnah wal Jamaah menempatkan Rasulullah saw. pada kedudukan yang diberikan Allah swt. kepada beliau, yaitu sebagai hamba Allah dan Rasul-Nya. Ahlus sunnah wal jama’ah tidaklah berlebih-lebihan dalam menyanjung Rasulullah saw. Kedudukan yang telah diberikan Allah swt. sudah cukup untuk menunjukkan ketinggian derajat beliau. Ahlus Sunnah berjalan di atas prinsip tersebut. Tidak mengadakan-adakan perbuatan yang tidak beliau perintahkan atau contohkan.

Manifestasi cinta ahlus Sunnah kepada beliau ialah dengan mentaati perintah beliau, menjauhkan diri dari segala yang dilarang dan dibencinya. Sikap mereka adalah : "Kami dengar dan kami ta`ati". ( Q.S. Al Baqoroh : 285, dan Al Maidah : 7 )

Meskipun kita tidak sempat menyaksikan beliau secara langsung di dunia, karena terpisah ruang dan waktu, namun kita tidak akan bosan memohon kepada Allah swt. semoga kita termasuk orang-orang yang disebutkan Rasulullah saw. dalam sabdanya :
“Betapa ingin aku bertemu dengan saudara-saudaraku!” Para sahabat as. berkata , “Wahai Rasulullah, bukankah kami ini saudara-saudaramu ? “ Rasulullah saw. menjawab, “Kamu sekalian adalah sahabat-sahabatku, saudara-saudaraku adalah generasi yang belum lagi muncul..” “ Wahai Rasulullah, bagaimanakah engkau dapat mengenali suatu generasi dari umatmu yang belum lagi muncul?” tanya sahabat. Beliau saw. menjawab, “Bagaimanakah menurutnu, bila seseorang memiliki seekor kuda yang putih kepala dan kakinya di antara kuda-kuda yang hitam legam, bukankah dia dapat mengenali kudanya? ”
“ Tentu saja wahai Rasulullah !” jawab mereka. “ Sungguh, mereka akan datang dengan warna putih bercahaya pada wajah dan tubuh mereka disebabkan air wudhu’. Dan akulah yang akan mendahului mereka tiba di telaga ( Al Kautsar )!” jawab beliau. ( HR. Muslim ).
Kita bermohon kepada Allah swt. semoga kita tergolong orang-orang yang mengikuti jejak beliau saw. dan meneladani kehidupan beliau serta menapaki sunnahnya.

Ahmad Budi Sulistyo bin Poernomo (Dipetik dari kitab Sehari Di Kediaman Rasulullah saw. oleh Abdul Malik bin Muhammad bin Abdurrahman Al-Qasim. Semoga menjadi amal shaleh penulis, penterjemah dan penerbitmya )

Posting Komentar

  1. -Rasulullah Saw sudah memberikan jalan terbaik dan mulya yaitu Dienul Islam.
    -Maju terus dengan artikel2 bermanfaat.
    -Salam

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.