Halloween party ideas 2015

Go Ihsan - Punya Utang Puasa Ramadhan Tapi Lupa Berapa Hari, Bagaimana Bayarnya? Ramadhan 1438 tahun ini tinggal menghitung hari. Beberapa di antara kita mungkin telah membatalkan puasa pada Ramadhan tahun 1437 H. lalu, karena safar misalnya. Masalah ini sering disebut utang puasa dan harus dibayar, yang dikenal dengan istilah qadha puasa, dalam istilah Islam. Karena tidak segera diqadha, bisa jadi kita lupa berapa hari telah membatalkan puasa. Bagaimana membayarnya?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah bertobat dan memohon ampunan kepada Allah karena akibat memperlambat qadha puasa itu, malah lupa berapa jumlah harinya. Langkah kedua adalah segera berpuasa sesuai dengan perkiraan yang paling kuat, berapa hari kita telah membatalkan puasa.


Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya. Bila ragu antara 4 atau tiga hari, maka lakukanlah puasa 4 hari. Allah berfirman:

 لا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْساً إِلَّا وُسْعَهَا

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Al-Baqarah: 286)

 فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ

“Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu.” (At-Taghabun: 16)

Langkah ketiga adalah memberi makan satu orang miskin untuk satu hari bila mampu melakukan hal itu. Berikanlah semuanya kepadanya meskipun untuk satu orang miskin. Kalau Anda fakir dan tidak mampu memberi makan, tidak ada kewajiban apa pun bagi Anda selain bertobat dan berpuasa.

Makanan yang wajib (diberikan) untuk setiap harinya adalah setengah sha’ dari makanan daerah setempat. Perkiraan sekitar 1,5 kg bagi orang yang memperkirakan itu.

Sumber: Kiblat/Islam QA

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.