Halloween party ideas 2015

INUVIK  – Masjid paling utara di Amerika Utara telah dibuka di Inuvik, Wilayah Barat Laut Kanada, di mana terdapat populasi Muslim yang sedang berkembang.

Setelah dibangun di kota Winnipeg, bangunan itu melakukan perjalanan sejauh 4,500 km melalui sungai dan darat untuk mencapai tujuannya.

Masjid berjuluk "Masjid kecil di tundra" itu berfungsi ganda sebagai pusat komunitas.

Inuvik memiliki 3,200 warga, 80 di antaranya adalah Muslim.
"Ini adalah pencapaian pribadi bagi kami semua karena dulu kami berada di dalam bangunan yang kecil dan tua, dan sekarang kami memiliki ini," ujar Ahmed al Khalaf.

Bangunan baru seluas 473 meter persegi itu adalah peningkatan dari trailer satu kamar yang digunakan warga Msulim untuk melaksanakan sholat selama 10 tahun terakhir.

Pada satu titik dalam perjalanan Masjid itu menuju kota kecil di Lingkaran Arktik, bangunan itu hampir terbalik tapi sempat diselamatkan oleh kru pembangunan jalan.

Komunitas Muslim Inuvik telah berusaha mengumpulkan uang untuk sebuah Masjid, tapi jumlahnya terlalu sedikit untuk dikerjakan sendiri, hanya sekitar 100 anggota.

Apa yang telah dikumpulkan oleh komunitas itu akan disumbangkan ke Yayasan Zubaidah Tallab, yang membutuhkan hampir 300,000 dolar pada bulan September untuk membuat Masjid itu siap digunakan oleh warga Inuvik tahun ini.

"Sungguh proyek yang sangat indah. Mengirim sebuah Masjid ke wilayah Kutub Utara itu mengagumkan," ujar Hussain Guisti, yang mengepalai yayasan itu.

Masjid lain yang juga berada di belahan bumi utara adalah Masjid Nurd Kamal di kota Norilsk, Rusia, yang bersuhu minus 50 derajat celsius. Kota ini memiliki sekitar 50,000 Muslim yang kebanyakan berasal dari Azerbaijan dan Republik Dagestan. Mereka bekerja sebagai pedagang atau pekerja bangunan.

Masjid tersebut dibangun oleh Mukhtad Bekmeyev, seorang etnis Tatar dan penduduk asli Norilsk, dan dibuka pada tahun 1998.

Ia menamakan Masjid itu menurut nama kedua orangtuanya dan membiayai perbaikannya di tahun 2007.

Muslim Norilsk telah berintegrasi dengan baik ke dalam masyarakat luas dan tidak banyak mengalami diskriminasi.

Sekitar 500 hingga 600 orang datang ke Masjid Nurd Kamal untuk sholat Jumat setiap minggunya. (rin/bbc) www.suaramedia.com

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.