Halloween party ideas 2015

Go Ihsan - Kementerian Agama optimistis bahwa Indonesia dapat menjadi referensi kajian studi Islam dunia dan menjadi pusat peradaban Islam dunia.

Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengatakan, ada beberapa alasan yang menyebabkan Indonesia memiliki peluang untuk menjadi pusat peradaban dunia. Pertama, modal sosial yang dimiliki Indonesia. Yaitu Islam Indonesia yang damai, moderat, inklusif, dan menghargai perbedaan.

"Tidak mudah memiliki ini. Tidak semua negara punya. Ini salah satu karakter Indonesia," ujar Kamaruddin saat ditemui dalam acara diskusi Mewujudkan Pendidikan Islam yang unggul, moderat dan menajdi rujukan dunia dalam integrasi ilmu agama, pengetahuan dan teknologi di kantor Kementerian Agama Jakarta, Selasa (22/12).

Ia menjelaskan, potensi kedua yang dimiliki Indonesia yaitu keberadaan Indonesia sebagai negara Muslim terbesar dan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Para ilmuwan Barat berpendapat bahwa Islam dan demokrasi tidak dapat bertemu.
Namun, Indonesia membuktikan bahwa Islam dan demokrasi dapat cocok dan bertemu. Tidak seperti negara Timur tengah atau negara Islam lainnya. Sehingga ini merupakan potensi yang dapat menjadikan Indonesia sebagai pusat peradaban Islam dunia. 

Potensi selanjutnya, berupa jumlah perguruan tinggi Islam Indonesia yang terbanyak di dunia. Indonesia memiliki 676 perguruan tinggi Islam.
Menurut Kamaruddin, tidak ada negara lain yang memiliki jumlah perguruan tinggi Islam sebanyak Indonesia.  Selain itu, jumlah doktor dan guru besar studi Islam yang dimiliki Indonesia juga banyak, yakni 1.259 doktor dan 415 guru besar. 

"Jadi Indonesia itu punya semua alasan untuk menjadi pusat peradaban Islam dunia. Mulai dari modal sosial, kelembagaan, dan ekonomi," katanya.

Ia melanjutkan, salah satu langkah yang ditempuh Kementerian Agama untuk menjadikan Indonesia sebagai peradaban Islam global dengan mendirikan Universitas Islam kelas dunia. Kementerian Agama juga akan melakukan penguatan perguruan tinggi Islam melalui pusat penelitian.(Rol)


Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.